Monday, February 13, 2012

Istilah dalam Periklanan Eps. Print

Kemaren saya sempet beresin kamar dan menemukan print out istilah-istilah di dunia periklanan yang diberikan Supervisor saya ketika magang di Euro RSCG tahun lalu. Karena kebetulan saya sedang merasa sudah lama tidak menulis hal yang berguna, jadi ga ada salahnya saya menyalin daftar istilah itu untuk dibagi di sini. Print out tersebut dibagi menjadi empat macam: istilah yang berhubungan dengan iklan cetak, iklan bergerak (TV), iklan suara (radio), dan periklanan umum. Nah, Episode pertama kali ini, saya akan berbagi istilah periklanan cetak (print), semoga bermanfaat :)

1. PA: Print Ad (Iklan cetak).

2. LO: Lay Out, yaitu desain awal berbentuk gambar (masih merupakan gambar sementara, bukan menggunakan materi hasil pemotretan, dan masih low-res).

3. FA: Final Artwork, yaitu desain yang sudah menggunakan gambar sebenarnya (dari hasil pemotretan) dan sudah hi-res.

4. Hi-res: High Resolution (resolusi tinggi), kualitas ketajaman gambar sangat baik, biasanya dipakai untuk FA, hasil gampar tajam dan membutuhkan memori besar.

5. Low-res: Low Resolution (resolusi rendah), kualitas ketajaman gambar yang jelek, biasanya dipakai untuk LO, hasil gambar tidak tajam, hanya membutuhkan memori kecil sehingga pengerjaan lebih cepat.

6. FPFC: Full Page Full Colour, iklan cetak berukuran satu halaman full colour.

7. HPFC: Half Page Full Colour, iklan cetak berukuran setengah halaman full colour.

8. FC: Full Colour

9. BW: Black and White

10. Colsep: Colour separation, yaitu hasil cetakan FA di atas lembaran film, biasanya untuk dicek warnanya sebelum turun cetak.

11. Pantone Colour: cat atau tinta warna spesial untuk cetakan.

12. NPP: Newspaper.

13. MAGZ, MAG: Magazine

14. POS, POP: Point of Sale, Point of Purchase, yaitu material promosi yang dipasang di toko, outlet, pasar, dsb.

15. Shelftalker: POS yang dipasang di pinggiran rak produk di supermarket.

16. Wobbler: POS yang dipasang di rak supermarket, bentuknya seperti mainan yang digantungkan dan bergoyang-goyang (wobbling). Ukurannya biasanya kecil dan disambung ke rak dengan plastik / mika agar flexible dan bergoyang.

17. Sunblind: POS yang dipasang di depan warung atau toko untuk menghalangi panas matahari masuk ke dalam warung atau toko tersebut.

18. Hanging Mobile: POS yang dipasang di langit-langit toko atau supermarket, biasanya digantungkan dan bentuknya attractive.

19. Flagchain: POS yang dipasang di atap depan toko atau warung, berjajar-jajar seperti rantai.

20. Standing banner, X-banner, Roll Banner: semacam spanduk (tapi lebih pendek) dengan posisi vertikal. Disebut X-banner jika rangkanya berbentuk X dan disebut Roll banner jika strukturnya digulung (roll).

21. Shopsign: papan iklan produk seperti billboard kecil tapi dengan nama toko dan biasanya dipasang di depan toko tersebut.

22. Outdoors / OOH (Out of Home): material promosi yang dipasang di area outdoors, misalnya di JPO (Jembatan penyeberangan orang) dan Billboard

Nah, itu dia beberapa istilah terkain iklan cetak. Episode berikutnya kita saya akan berbagi catatan tentang iklan bergerak (TV). Thank you for reading this post, semoga bisa berguna :)

2 comments:

  1. thank you for sharing, definitely a good point! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hopefully it will be something useful for your student dear :3

      Delete