Wednesday, April 25, 2012

Maria si Putri Malu

Tahukah kamu asal-usul Putri Malu?

Dahulu, di sebuah taman terdapat kerajaan bunga yang indah. Di kerajaan itu hidup berbagai macam bunga yang saling bertetangga dan hidup dengan damai sampai Ratu Mawar melahirkan sekuntum putri yang diberi nama Maria. Maria adalah mawar yang sangat cantik. Mahkotanya berupa kelopak bunga berwarna merah menyala dan lebat. Baunya sangat harum dan rantingnya tinggi dengan duri-duri yang kuat.

Hari demi hari Maria beranjak remaja. Kecantikannya semakin bertambah, namun sayang hal itu berkebalikan dengan sifatnya. Maria sangat sombong karena kecantikannya. Dia juga terkenal nakal dan sering melakukan hal-hal buruk kepada tetangga-tetangganya. Maria benci kepada bunga yang lebih cantik dari dia. Tapi, dia juga tak kalah benci kepada makhluk-bakhluk yang menurutnya jelek.

Maria sangat tidak menyukai kumbang yang datang kepada bunga-bunga untuk menukarkan serbuk peri dengan makanan yang disimpan para bunga. Menurut Maria, kumbang-kumbang tersebut bising dan menyebarkan bau menyengat, membuat kewangian Maria berkurang. Dulu Maria sering membentak-bentak para kumbang agar tidak mendekat, namun karena masih saja ada kumbang yang berani mendekat, Maria akhirnya memutuskan untuk memukul kumbang-kumbang dengan rantingnya yang berduri hingga mereka terpelanting dan terluka.

Selain benci kepada kumbang, kebencian terbesar Maria ditujukan kepada Lily, tetangganya yang dianggap cantik dan baik hati oleh seluruh warga kerajaan. Karena rasa iri hati, Maria sering mengolok-olok Lily yang mahkotanya hanya terdiri dari beberapa helai dan berwarna putih pucat. Lily yang terkenal pendiam dan tak pernah disakiti makhluk lain itu akhirnya menjadi sangat sedih dan terpukul. Apalagi Maria selalu mengolok-oloknya setiap sore. Akhirnya Lily selalu tertunduk layu di malam hari, menangis dengan sedih.

Kejahatan Maria tidak berhenti hanya di situ. Dengan nakalnya, dia sering mengerjai Bibi Kantong Semar yang latah. Setiap kali ada yang mendekati mahkotanya, Bibi Kantong Semar kaget dan menutup mahkotanya dengan segera. Maria sering melemparkan biji-bijian ke arah mahkota Bibi Kantong Semar, membuatnya kaget dan segera menutup mahkotanya. Padahal, setiap kali mahkotanya tertutup, kepala Bibi Kantong Semar mengeluarkan lem yang kuat, sehingga dia akan kesulitan membuka mahkotanya lagi.

Suatu hari, seekor peri yang sudah geram melihat kelakuan Maria selama ini akhirnya memutuskan untuk memberikan hukuman. Sang Peri menyamar sebagai kumbang dan mendekati Maria yang sedang tertidur. Setelah cukup dekat, Sang Peri menebarkan serbuk hukuman ke arah Maria. Seketika Maria merasakan angin kencang yang mengombang-ambing seluruh badanya. Kekuatan angin itu merontokkan helai-helai mahkota Maria yang lebat dan indah, membuatnya menjadi botak karena yang tersisa hanya helaian rambut tipis dan pendek berwarna ungu.

Maria menjerit memegang kepalanya, namun ternyata kekuatan serbuk hukuman tidak berakhir di situ. Tubuh Maria semakin memendek dan terus memendek sampai akhirnya dia menjalar di tanah. Duri-durinya dan daunnya mengecil memenuhi seluruh rantingnya yang mengecil. Maria mulai menjerit-jerit, tidak bisa menerima keadaannya sekarang.

Melihat penampilan baru Maria, kumbang-kumbang bersorak sorai dan datang untuk membalas kejahatan yang Maria lakukan terhadap mereka selama ini. Mereka mendekati Maria, namun Maria yang sangat malu dengan penampilannya selalu mengatupkan daun-daunnya saat kumbang-kumbang mendekat dan tak sengaja menyentuhnya. Melihat hal ini, para kumbang makin girang dan bergiliran menyentuh Maria.

Bibi Kantong Semar dari kejauhan berteriak melarang kumbang-kumbang untuk menjahili Maria. Kumbang-kumbang menjawab larangan Bibi Kantong Semar.

"Tapi Bibi, kami membalas kejahatan Maria kepada kita selama ini."

"Tak perlu kita membalasnya, dia sudah mendapatkan hukumannya sendiri. Jangalah kalian menjadi pendendam." Kata Bibi Kantong Semar dengan bijak.

Mendengar nasehat Bibi Kantong Semar, kumbang-kumbang pun meninggalkan Maria dan tidak mengganggunya lagi. Namun, Maria yang malu dengan keadaannya, tetap saja menutup diri setiap kali ada yang mendekat. Sejak saat itu Maria mendapat julukan Putri Malu.

***
Dongeng ini adalah karya asli Damar Wijayanti yang bisa digunakan atau disebarkan dengan mencantumkan nama penulis dan link blog ini. Terima kasih karena telah menghargai karya dan hak cipta penulis.

8 comments:

  1. Bagus banget iniii ceritanyaa, I really enjoyed reading it! :D


    YURI
    Fashion & Beauty: http://twothousandthings.blogspot.com
    Daily Journals & Reviews: http://tigerlilysbook.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you, please do share it and wait for my other fairytale yaa :*

      Delete
  2. sukaaaaa ... >.<
    berbakat sekali, ga gampang loh bikin cerita sarat dengan moral story spt ini, thumbs up!

    ReplyDelete
  3. ini juga bagus idenya
    cuma jadi agak bingung, ini kebun bunga apa binatang... cmiiw
    cocok kyke ceritanya buat anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ceritanya bingungin ya? ini kerajaan bunga di sepetak kebun.. makasih masukannya, semoga dongeng berikutnya lebih jelas :)

      Delete
  4. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/hati-hati-mengeluarkan-paksa-ingus.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/penyebab-kegagalan-operasi-jantung.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/tak-cuma-buat-keamanan-ini-fungsi.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/ini-sosok-hilman-mattauch-yangg.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  5. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-isi.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete