Thursday, January 16, 2014

Ayo Belajar Bahasa Inggris Lagi!



Bagi sebagian orang, mungkin pelajaran bahasa Inggris berhenti di kelas 3 SMA. Apalagi kalau kuliahnya bukan jurusan sastra inggris, seperti saya.

Setelah lulus SMA saya sempet absen belajar bahasa inggris selama beberapa tahun. Ya udah bahasa inggrisnya sekedarnya aja, yang penting bisa nyanyiin lagu-lagu barat favorit, bisa nonton film hollywood sama kalau ada bule nanya alamat bisa jawab pake bahasa Englan (Englis-Tarzan), saya sudah cukup puas.

Tapi semuanya berubah saat negara api menyerang  saya mulai masuk ke dunia kerja. Saya (Alhamdulillah ya Allah) bisa langsung keterima di sebuah ahensi multinasional. Namanya juga multi, di sini bahasa inggrisnya kepake banget, temen kerja - client - director yang dipake seringkali bukan orang Indonesia.

Awal-awal kerja kalau di ruang meeting suka bengong. Ini pada ngomong apaan sih? Kok ga kaya di film-film ya, ngomongnya pada cepet-cepet dan ga jelas gitu.

Tiap malem saya sampai bersihin kuping pake cotton-bud biar ga budeg gitu maksudnya. Sampai akhirnya nyadar bahwasanya yang salah sebenernya bukan si kotoran telinga.

Setelah sadar bahwa saya harus mulai mengasah dan mempertajam lagi kemampuan berbahasa inggris, saya jadi (lumayan) rajin belajar bahasa inggris. Mulai dari sering dengerin lagu top 40, nonton serial tanpa subtitle, sampe beli novel-novel berbahasa inggris. Alhamdulillah makin lama makin kerasa manfaatnya (kaya testimoni pengobatan alternatif aja nih).

Teruuus, kemaren pas lagi browsing tentang idioms, tiba-tiba masuk ke sebuah web yang menurut saya helpful banget buat yang mau belajar bahasa inggris tapi males keluar duit buat bayar les macem saya ni lah. Setiap hari ada satu pelajaran yang berbeda, lengkap dengan mini quiz, mengingatkan saya pada LKS jaman sekolah dulu ;)

Karena menarik dan termakan iming-iming "easy english"- nya saya pun segera bikin account di web itu dan mulai ikutan belajar. Ini dia pelajaran hari kedua saya:

Bagian explanationnya, gampang dimengerti





Bagian quiz-nya, tinggal click jawabannya aja


Setelah 'check answer". Yeay bener smuaaah :D





Pretty easy huh? Oiya, pelajaran yang pernah kita kerjain juga bisa di mark as complete task. Pelajarannya juga cukup komplit, mulai dari vocab, grammar, reading sampai listening. Kalau tertarik ikutan juga, langsung aja buka www.ecenglish.com/learnenglish.

Selamat belajar :)

2 comments: