Wednesday, May 9, 2012

Dandelion


Gambar: Getty Images

Pernahkah kamu mendengar cerita tentang kaum liliput? Banyak yang bilang liliput tinggal di negeri di atas awan yang putih bersinar. Negeri mereka kecil, begitu pula ukuran tubuh mereka. Hampir tidak pernah ada yang melihat langsung bagaimana wujud liliput karena tempat mereka tinggal terlalu tinggi. Namun, konon di sebuah desa, ada sepasang petani tua yang memiliki anak seukuran liliput. Tentu saja liliput itu bukan anak mereka, tapi suatu hari mereka menemukan makhluk imut itu tertidur pulas diantara rumput dandelion yang lembut. Karena hari itu mau hujan dan merasa kasihan, mereka pun membawa pulang liliput kecil ini.

Sesampai di rumah, liliput cantik itu mereka beri nama Dandelion, sesuai dengan tempat dia ditemukan. Mereka tak tahu bagaimana Dandelion bisa sampai ke desa mereka. Tak ada yang tahu bahwa Dandelion adalah putri kerajaan liliput yang dibuang oleh liliput jahat yang berambisi menguasai kerajaan. Di dalam ramalan kuno, putri dari raja ke-100 akan menjadi Ratu yang sangat tersohor dan tak terkalahkan, karenanya, begitu mengetahui raja ke-100 mendapatkan seorang putri dari permaisurinya, liliput jahat ini menculik putri itu dan membuangnya dari kerajaan langit.

Dandelion kecil jatuh melayang-layang dan sangat beruntung jatuh di antara bunga-bunga dandelion yang lembut, serta ditemukan oleh sepasang petani yang baik hati. Dandelion dirawat dengan sangat baik hingga dia tumbuh menjadi gadis liliput yang cantik dan berhati lembut. Namun Dandelion sering bersedih hati. Meskipun ayah dan ibu angkatnya sangat baik dan sayang padanya, namun Dandelion tak pernah memiliki teman bermain sejak kecil. Anak-anak di desa itu terlalu besar untuk bermain bersamanya sehingga seringkali hampir tidak sengaja menginjak atau melukai Dandelion. Dandelion jadi harus melakukan gerakan gesit agar tak terinjak.

Akhirnya Dandelion hanya berkawan dengan hewan-hewan kecil. Kupu-kupu adalah salah satu teman terbaiknya. Suatu hari saat melamun di jendela, kupu-kupu datang menghampiri Dandelion dengan penuh semangat. Dia membawa kabar dari burung-burung yang pulang dari berkelana dan sempat melewati negeri awan. Katanya negeri itu sekarang sangat suram dan tak seindah dulu. Negeri itu dikuasai oleh lilipun jahat, mengubah negeri awan yang putih bersinar menjadi awan kelabu, seperti suasana hati para liliput di sana. Kupu-kupu juga menceritakan tentang ramalan kuno yang didengar oleh burung-burung dari para liliput yang berhasil kabur dari negeri awan. Cerita tentang para liliput yang masih menunggu kembalinya sang putri liliput yang dikabarkan meninggal karena jatuh ke bumi saat masih kecil.

Mendengar cerita itu, Dandelion merasa yakin bahwa putri itu adalah dirinya. Dia segera menceritakan hal ini kepada orang tua angkatnya dan meminta izin untuk kembali ke negeri awan dan menyelamatkan negeri itu dari liliput jahat. Orang tuanya angkatnya dengan berat hati merelakan kepergian Dandelion karena memang di sanalah tempat Dandelion yang semestinya, hidup bersama liliput lain.

Setelah mendapatkan izin dari orang tua angkatnya, Dandelion mencari cara untuk pergi ke negeri awan. Dia bersama kupu-kupu mencari burung pengelana untuk mengantarkannya ke negeri awan. Namun sayang, burung pengelana tidak bisa membantu karena saat itu adalah musim angin yang membahayakan bagi mereka untuk terbang. Dandelion dengan sedih pergi ke padang rumput dandelion untuk merenung, ditemani oleh kupu-kupu. Ditengah lamunannya, dia melihat bunga-bunga dandelion beterbangan ditiup angin. Hal ini membuat Dandelion tersenyum lebar dan mendapatkan ide cara terbang ke negeri awan.

Dandelion segera berpegangan pada salah satu bunga yang terbang rendah. Seiiring angin bertiup, bunga itu semakin terbang tinggi. Sambil berpegangan erat, Dandelion berteriak kepada kupu-kupu untuk memberikan kabar ke orang tua angkatnya bahwa dia telah terbang ke negeri awan. Setelah beberapa lama terbang, akhirnya Dandelion sampai di atas sebuah awan yang begitu kelam. Di dalam awan itu, nampak sebuah kerajaan yang auranya dingin mencekam. Dandelion segera melompat dan mendarat tepat di menara kerajaan tempat singgasana si raja liliput jahat.

Saat si raja sedang tertidur pulas, Dandelion mengambil mahkota yang melekat di kepalanya. Raja liliput jahat terbangun dan kaget melihat putri liliput kembali ke kerajaan. Dandelion berlari keluar dari kerajaan dan raja liliput jahat mengejarnya. Dandelion terus berlari sampai ke ujung awan dan terjebak di sana. Raja liliput jahat siap mendorongnya, namun berkat gerakan Dandelion yang gesit karena terbiasa menghindari injakan anak-anak manusia di desa, Dandelion berhasil menghindar. Justru Raja liliput jahatlah yang jatuh dari ujung awan. Dia berteriak minta tolong namun tak ada yang mendengarnya, persis seperti apa yang dialami Dandelion kecil dahulu.

Setelah jatuhnya Raja liliput jahat, Dandelion pun diangkat menjadi Ratu Liliput dan seperti yang telah diramalkan, dia menjadi Ratu liliput paling hebat yang pernah ada. Orang tua kandungnya yang selama ini dipenjara oleh liliput jahat, akhirnya terbebas dan mereka sangat senang dan bangga melihat putrinya telah kembali dan menjadi Ratu yang hebat.

***
Dongeng ini adalah karya asli Damar Wijayanti yang bisa digunakan atau disebarkan dengan mencantumkan nama penulis dan link blog ini. Terima kasih karena telah menghargai karya dan hak cipta penulis.

1 comment:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-6-fakta.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete