Tuesday, May 8, 2012

Ramuan Cinta Kuali Ajaib


Gambar: Getty Images

Di sebuah kerajaan, tinggal dua orang gadis sebaya. Yang satu adalah putri raja, yang satu lagi adalah anak koki kerajaan. Meskipun mereka tumbuh berasama di lingkungan kerajaan, namun sifat mereka sangat berbeda. Sang putrid tumbuh menjadi gadis yang arogan karena terbiasa dipenuhi segala kemauannya. Seluruh orang di kerajaan harus menuruti kehendaknya. Sedangkan Marlin yang hanya anak koki tumbuh menjadi gadis yang rajin dan patuh karena terbiasa membantu orang tuanya di dapur dan menuruti perintah yang diberikan kepadanya.

Suatu hari, pangeran dari kerjaan seberang menggelar sayembara untuk mencari istri yang pandai memasak. Karena terpesona dengan ketampanan sang pangeran, sang putri pun berambisi untuk memenangkan sayembara itu meskipun dia sama sekali tidak bisa memasak, bahkan menginjakkan kaki di dapur pun belum pernah. Akhirnya sang putri menyuruh Marlin untuk membuat hidangan istimewa. Hidangan yang harus bisa memenangkan sayembara itu. Tapi bukan hanya menyuruh, sang putrid juga mengancam Marlin agar dia tidak membocorkan kepada siapapun bahwa Marlin lah yang memasak hidangan untuk sayembara itu. Marlin harus memasak secara sembunyi-sembunyi.

Marlin yang memang gemar memasak dengan senang hati menuruti kemauan sang putri. Malam itu saat dapur telah sepi, dia membuat hidangan paling istimewa yang pernah ia ciptakan. Pagi-pagi sekali sebelum seluruh isi kerajaan terbangun, dia mengantarkan hidangan itu kepada sang putrid yang dengan gembira menerimanya. Hari itu sang putrid datang ke sayembara dan ikut mengantri bersama gadis-gadis lain untuk dicicipi hidangannya oleh sang pangeran. Setelah penantian yang panjang hari itu, akhirnya diumumkan bahwa ada dua hidangan yang sangat disukai pangeran. Satu hidangan milik koki muda tersohor di kerajaan sang pangeran, dan hidangan satu lagi adalah hidangan sang putri yang dimasak oleh Marlin. Karena bingung memilih, akhirnya pangeran meminta mereka berdua untuk membuatkan hidangan spesial sekali lagi.

Mengetahui lawannya adalah koki tersohor, sang putri merasa dirinya akan kalah. Ia pun memikirkan cara curang untuk mendapatkan hati sang pangeran. Dia memaksa Marlin untuk membuat hidangan yang mengandung ramuan cinta yang akan membuat sang pangeran memilih hidangan itu dan membuat sang putri menang. Namun, Marlin tidak memiliki kemampuan sihir untuk membuat ramuan semacam itu. Marlin pun berusaha menjelaskan kepada sang putri bahwa kali ini dia tidak bisa membantunya. Tapi sang putri yang arogan tak mau tahu, dia bahkan mengancam Marlin, jika hidangannya tidak menang, maka Marlin dan keluarganya akan diusir dari kerajaan.

Malam itu Marlin yang bimbang akhirnya tetap memasak hidangan yang sangat spesial. Tapi, dia tidak tahu bagaimana cara membuat ramuan cinta, akhirnya dia hanya bisa memasak penuh dengan perasaan cinta. Tanpa dia tahu, kuali yang dia gunakan memasak adalah kuali ajaib yang dulunya milik penyihir kerajaan. Karena digunakan dengan perasaan penuh cinta, kuali itu mengeluarkan ramuan cinta dan bercampur dengan masakan Marlin.

Marlin menyerahkan hidangan itu kepada sang putri. Sang putri pun mengajak Marlin bersamanya ke kerajaan seberang. Dia mengajak Marlin untuk memastikan Marlin tidak kabur untuk menerima hukuman jika hidangannya tidak menang. Marlin hanya bisa menurut.

Di kerajaan seberang, dua hidangan sudah siap tersaji di depan pangeran. Pangeran mulai mencicipi hidangan dari koki muda tersohor dan merasa itu adalah hidangan ternikmat yang pernah ia makan selama ini. Selanjutnya dia mencicipi hidangan sang putri yang sebenarnya dimasak oleh Marlin. Setelah menelan suapan pertama, sang pangeran merasa hidangan itu adalah hidangan yang paling membahagiakan yang pernah ia makan. Masakan itu sangat enak dan sekaligus memberikan perasaan bahagia kepadanya. Tanpa ragu, pangeran memilih hidangan itu sebagai juaranya.

Sang putri pun segera maju ke hadapan pangeran dengan senyum paling lebar karena perasaan gembira akan dinikahi sang pangeran. Namun apa yang terjadi? Pangeran tidak melihat putri sebagai perempuan istimewa yang ingin ia nikahi, dia justru melihat pelayan yang dibawa sang putri. Merlin. Ya, Merlin tiba-tiba diliputi cahaya-cahaya berkilauan yang merubahnya menjadi putri yang sangat mempesona.

Sang pangeran pun bertanya kepada putri, “Apakah pelayanmu yang memasak hidangan ini? Jawablah dengan jujur!”

Dengan takut-takut sang putri mengangguk. Sang pangeran pun segera menghampiri Marlin yang cantik bak permaisuri. Pangeran meminta Marlin menikah dengannya. Marlin dan keluarganya pun pindah ke kerajaan seberang. Mereka hidup bahagia dan menikmati hidangan lezat setiap hari.


***
Dongeng ini adalah karya asli Damar Wijayanti yang bisa digunakan atau disebarkan dengan mencantumkan nama penulis dan link blog ini. Terima kasih karena telah menghargai karya dan hak cipta penulis.



7 comments:

  1. kupikir di awal kamu akan menulis "Di sebuah kerajaan, tinggal dua orang gadis sebaya. Yang satu adalah putri raja, yang satu lagi adalah anak koki kerajaan...dan mereka gadis yang tertukar". Syukurlah tidak jadi demikian.

    Anyway, love your stories, Dam. Pernah terpikir dikirim ke Bobo? I always adore people who can write fairytale story :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tuh ntar aku bikinin dongeng putri monyet yang tertukar :3
      dulu sempat terpikir buat nulis buat bobo, tapi ga dapet2 contactnya hahahaha.. ada sayembara nulis cerpen anak-anak tapi buat umur max. 15 tahun. Kalau yang ini rencananya mau di self publishing. Semoga terlaksana, amiiiiin.

      makasih ya cucuuum :*

      Delete
    2. langsung kirim gitu aja dam. Atau coba tanya temen2 yang kerja di Kompas. eh bobo punya KG Group kan?

      Delete
    3. ga tau bobo group siapa hahahaha :p

      Delete
  2. Awesome :))
    Pinjem, untuk diceritain ke adek-adek.ku yaaa sebelum tidur, udh lama juga gag baca dongeng, kangen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, asiiiik bisa diterusin ke adek-adek :) please tell me their comments about my fairytale yaaa :* thank you

      Delete
  3. semoga mbak marlin gag buka restoran

    ReplyDelete